Tuesday, December 3, 2019

Ingredients III


Bell pepper / Paprika



History :

Tanaman paprika berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan dimana banyak spesies telah dibudidayakan beratus tahun sebelum Coloumbus mendarat di benua tersebut (Alberta 2004; Wein 1997). Penanaman paprika menyebar ke Eropa dan Asia setelah tahun 1500-an. Pada awal penyebaran di Eropa, tanaman paprika dibudidayakan dilahan terbuka (out dor) (Van Winden 1988). Walaupun termasuk tanaman tahunan, paprika dibudidayakan sebagai tanaman setahun didaerah beriklim temperata, tetapi di daerah tropis tanaman tersebut kemungkinan akan tumbuh dan memberikan hasil selama lebih dari beberapa tahun Wien 1997).

(source : http://ilmusejarahbiologi.blogspot.co.id/2013/11/klasifikasi-tanaman-paprika.html)


Nutrient Content :

Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 20

Jumlah Lemak 0,2 g
Lemak jenuh 0,1 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 3 mg
Kalium 175 mg
Jumlah Karbohidrat 4,6 g
Serat pangan 1,7 g
Gula 2,4 g
Protein 0,9 g
Vitamin A 370 IU Vitamin C 80,4 mg
Kalsium 10 mg Zat besi 0,3 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0,2 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 10 mg

(source : https://www.google.com/search?q=bellpepper&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab)


Function :

1. Kesehatan Kulit

Paprika diperkaya dengan vitamin, zat besi, dan beta-karoten, yang mencegah terjadinya bintik-bintik pada kulit yang disebabkan oleh faktor usia. Paprika memperbaiki kulit Anda dengan membatasi produksi melanin, yang bertanggung jawab untuk membuat kulit Anda lebih gelap.

2. Anti Penuaan Dini

Seperti telah yang telah disebutkan, paprika kaya akan beta-karoten yang akan dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A memainkan peran penting dalam pemeliharaan kulit yang sehat dap, seperti mencegah terjadinya keriput dan membantu kulit menjadi tampak lebih cerah.

3. Mencegah dan Membantu Mengobati Varises

Paprika dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan spider veins atau yang disebut varises karena memiliki sifat tertentu yang memperkuat pembuluh darah dalam tubuh. Jika Anda memiliki varises di kaki Anda, Anda dapat menggunakan ramuan dari paprika ini secara teratur untuk mengurangi varises dan mencegah pembentukan varises yang baru.

4. Mencegah Rambut Rontok

Paprika merupakan sumber vitamin B6 yang membantu mencegah rambut rontok. Paprika juga mengandung zat besi yang berfungsi memfasilitasi transfer oksigen ke folikel rambut. Hal ini akan merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala.

5. Menjaga Warna Rambut

Vitamin B6 dalam paprika juga berperan dalam produksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada rambut Anda. Akan tetapi, sebelum menggunakan paprika pada kulit kepala Anda, disarankan untuk melakukan patch test di bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk menghindari reaksi alergi.

6. Anti-Inflamasi

Paprika memiliki sifat anti-inflamasi yang besar dan sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit autoimun dan inflamasi. Hal ini akan membantu mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh arthritis, nyeri di tubuh, dan gejala sejenis lainnya.

7. Memberikan Energi

Paprika merupakan sumber vitamin B6 yang merupakan koenzim. Dengan kata lain, paprika sangat penting untuk mengaktifkan 100 enzim lain untuk menjalankan fungsi mereka dengan sempurna. Mereka memulai reaksi biokimia dalam tubuh yang menciptakan energi, memberikan glukosa sambil menghasilkan neurotransmitter dan hemoglobin.

Paprika juga mengandung zat besi, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan merupakan komponen dari banyak protein. Protein ini bertanggung jawab untuk penciptaan energi. Paprika merupakan stimulan yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi seperti kelelahan, kelesuan, dan depresi.

8. Kesehatan Mata

Vitamin A dalam paprika memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Paprika mengandung empat karotenoid cryptoxanthin yaitu beta, beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin. Vitamin ini digunakan oleh mata untuk mengubah cahaya menjadi visi.

Lutein dan zea-xanthin mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia dan katarak. Dianjurkan untuk mengkombinasikan paprika dengan sumber lemak seperti minyak zaitun untuk mendapatkan manfaat optimal dari karotenoid.

9. Membantu Melancarkan Pencernaan

Paprika dapat melancarkan pencernaan dengan menormalkan asam dalam perut. Hal tersebut merupakan stimulan yang memfasilitasi pencernaan dengan meningkatkan air liur dan asam dalam perut, sehingga dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Vitamin B6 dalam paprika memiliki efek neurologis dan psikologis yang kuat, hal tersebut akan memberikan kontribusi untuk produksi ‘hormon tidur’ melatonin dan membantu mempertahankan siklus tidur yang normal. Selain itu, paprika juga dapat meningkatkan serotonin dan norepinefrin tubuh Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk bebas dari stres.

11. Anti-Bakteri

Sebuah protein antibakteri yang ditemukan pada paprika bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu, seperti Salmonella dan E.coli yang sering ditransfer melalui konsumsi.

12. Mencegah Kudis

Kudis adalah penyakit langka yang ditandai dengan gusi bengkak dan berdarah, gigi lemah, tulang bengkak, napas cepat, sakit kuning, diare, depresi dll. Penyebab utama dari penyakit kudis adalah kekurangan vitamin C. Paprika juga kaya akan vitamin C yang dapat mencegah timbulnya banyak penyakit, termasuk penyakit kudis.

13. Mencegah Anemia

Paprika mengandung zat besi yang terlibat dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, banyaknya kandungan vitamin C dalam paprika juga memungkinkan tubuh untuk menyerap zat besi. Dengan demikian, paprika dapat membantu Anda mencegah anemia.

14. Kesehatan Kardiovaskular

Vitamin C dalam paprika memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, khususnya serangan jantung dan stroke. Vitamin E yang juga terkandung dalam paprika dapat menjadi antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kemudian adanya mineral seperti zt besi, magnesium, kalium, dan fosfor dalam paprika dapat membantu membersihkan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

(source : https://www.khasiatsehat.com/khasiat-dan-manfaat-paprika/)


Characteristics :

Sebagai kerabat dengan cabai, tanaman paprika memiliki bentuk fisik hampir sama dengan cabai. Hanya saja, tanaman paprika memiliki ukuran yang sedikit lebih tinggi dari tanaman cabai sekitar 90cm hingga 1 meter. Paprika tidak memiliki banyak cabang seperti tanaman cabai dan daun nya yang lebar. Meskipun termasuk dalam kerabat dekat cabai, skala pedas paprika hanya sekita 10-100 skala scoville.
Paprika membutuhkan kondisi tertentu untuk pertumbuhannya, yaitu dengan suhu berkisar antara 24 sampai 30 derajat celcius pada siang hari dan 9 sampai 12 derajat celcius pada malam hari. Namun tanaman paprika masih dapat bertahan pada suhu 38 derajat celcius.

(source : https://manfaatjahemerah.com/ciri-ciri-kandungan-dan-manfaat-daun-paprika/)


Cucumber / Mentimun


History :
Mentimun berasal dari Cina bagian tengah dan barat. Mentimun juga ditemukan juga di India timur laut dan Myanmar.
Mentimun atau biasa disingkat dengan sebutan timun itu dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Oleh karena itu didataran rendah orang masih banyak bertanam timun, misalnya di Dramaga, dan ciomas (Bogor). Luas penanaman timun di Indonesia berkisar 13.500-17.500 ha.

Nutrient Content :
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 15
Jumlah Lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 147 mg
Jumlah Karbohidrat 3,6 g
Serat pangan 0,5 g
Gula 1,7 g
Protein 0,7 g
Vitamin A 105 IU Vitamin C 2,8 mg
Kalsium 16 mg Zat besi 0,3 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 13 mg

Function :
Mentimun alias timun dikenal memiliki banyak manfaat lain selain sebagai lalapan dan bahan acar. Karena mentimun banyak mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Karenanya, bisa pula digunakan sebagai obat sariawan, merawat kulit dan wajah, melancarkan buang air seni, menurunkan tekanan darah tinggi, obat jerawat, dan obat demam. Jadi, tidak salah kalau banyak orang yang menyukainya

Characteristics :
Buah mentimun berbentuk bulat panjang, tumbuh bergantung, warnanya hijau dengan lari-larik putih kekuningan, setelah tua warnanya kuning kotor, panjang 10–30 cm, bagian pangkal berbintil, banyak mengandung cairan. Bijinya banyak, bentuknya lonjong meruncingi pipih.

 


LEMON


Image result for lemon


Lemon, Citrus limon (L.) Osbeck, adalah spesies pohon cemara kecil di keluarga tanaman berbunga Rutaceae, asli Asia. Asal usul lemon tidak diketahui, meskipun lemon diperkirakan telah tumbuh di Assam (suatu wilayah) di timur laut India), Burma utara atau Cina. Sebuah studi genomik dari lemon menunjukkan itu adalah hibrida antara jeruk pahit (jeruk asam) dan sitrun. Lemon masuk ke Eropa dekat Italia selatan tidak lebih dari abad kedua, pada masa Romawi Kuno. Namun, mereka tidak dibudidayakan secara luas. Mereka kemudian diperkenalkan ke Persia dan kemudian ke Irak dan Mesir sekitar 700 AD. Lemon pertama kali tercatat dalam literatur dalam risalah Arab abad ke-10 tentang pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di taman-taman Islam. Lemon didistribusikan secara luas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediterania antara 1000 dan 1150. Budidaya lemon pertama di Eropa dimulai di Genoa pada pertengahan abad ke-15. Lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika pada tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon ke Hispaniola dalam perjalanannya. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon. Terutama digunakan sebagai tanaman hias dan untuk obat-obatan. Pada abad ke-19, lemon semakin banyak ditanam di Florida dan California. Asal kata "lemon" mungkin Timur Tengah. Kata ini diambil dari limon Perancis Kuno, kemudian limone Italia, dari bahasa Arab laymūn atau līmūn, dan dari bahasa Persia līmūn, istilah umum untuk buah jeruk, yang merupakan bahasa Sansekerta (nimbū, "kapur").


Lemon adalah sumber yang kaya vitamin C, memberikan 64% dari Nilai Harian dalam porsi 100 g. Lemon mengandung banyak fitokimia, termasuk polifenol, terpene, dan tanin. Jus lemon mengandung sedikit lebih banyak asam sitrat daripada air jeruk nipis (sekitar 47 g/l), hampir dua kali lipat asam sitrat dari jus grapefruit, dan sekitar lima kali jumlah asam sitrat yang ditemukan dalam jus jeruk.


Jus lemon, irisan, dan kulit digunakan dalam berbagai macam makanan dan minuman. Seluruh lemon digunakan untuk membuat selai, lemon curd dan lemon liqueur. Irisan lemon dan kulit lemon digunakan sebagai hiasan untuk makanan dan minuman. Kulit lemon, parutan kulit luar buah, digunakan untuk menambah rasa pada makanan yang dipanggang, puding, nasi, dan hidangan lainnya.


Lemon memiliki warna hijau dan jika sudah matang buah ini akan berwarnya kuning, memiliki rasa masam, berbentuk bulat atau lonjong dan ujungnya meruncing, dan daging lemon hampir semuanya berisi air yang dibungkus oleh kulit tipis.

No comments:

Post a Comment