Monday, September 3, 2018

Daily Report : Celebes Buffet Preparation (Indonesia Ver.)


3 September 2018
Hari ini, seperti biasa kami mulai jam 8 pagi. Kami oneline, kemudian Pak Jaya datang dan menjelaskan tentang menu untuk hari ini. Hari ini kami menyiapkan Celebes Buffet, yaitu:

Peco Doang

Jalangkote

***

Sop Saudara

Labu Santan

***

Nasi Putih

Konro Bakar

Lawar Pakis

Pallu Ce’la

***

Pisang Ijo

Cucur Bayao

Kemudian supervisor membagi kami ke dalam kelompok baru karena minggu lalu sebagian dari kami berada di Hotel Gammara, termasuk saya. Saya berada di grup 2, dan kelompok saya akan menangani apppetizer selama 1 minggu ini. Appetizer yang kami siapkan untuk hari ini adalah peco doang dan jalangkote. Kami juga membantu kelompok main course untuk menyiapkan acar sebagai condiment. Pertama, kami mengambil bahan untuk jalangkote dan acar. Kami mengambil wortel, kentang, bihun, dan telur rebus yang ditumis bersama bawang merah dan bawang putih dan dibumbui dengan garam dan merica. 


Selanjutnya, bahan untuk acar: wortel dan zucchini, biasanya kami menggunakan mentimun tetapi tidak ada mentimun, jadi kami menggunakan zucchini.


Selesai mempersiapkan jalangkote dan acar. Kami prepare untuk peco doang. Pertama, kami meminta butcher untuk thawing udang dan mengupas kulitnya. Selanjutnya, kami membuat spice paste, dari cabe merah besar, cabe rawit, kemiri, dan garam untuk bumbu. Kami memanggang cabai merah besar, cabe rawit, dan kemiri. Kemudian, diblender menggunakan food processor. Terakhir, kami menambahkan sedikit garam. Setelah itu, kami wrap udang kupas, dan pasta peco doang dan menyimpannya dalam chiller.
Selanjutnya, kami menggoreng jalangkote tetapi tidak sampai matang, hanya setengah matang.


Sementara kami menggoreng jalangkote, kelompok lain beristirahat. Selesai menggoreng jalangkote, kelompok lain juga telah selesai istirahat jadi kami tidak mendapat kesempatan untuk beristirahat. Kami oneline dan kami mendapat hukuman, karena banyak dari kami tidak membawa toolbag mereka, jadi kami harus makan kira-kira setengah bawang bombay. Setelah itu, kami memulai general cleaning. 19.00 kami oneline dan ada beberapa pemberitahuan dari Pak Ical dan kami boleh pulang.

No comments:

Post a Comment