Thursday, December 6, 2018

Ingredients


1.      Mango
History :
Sebenarnya buah mangga bukan asli tanaman Indonesia, menurut sejarah penyebarannya, buah mangga yang ada di Indonesia berasal dari Negara India.Karena iklim dan suhu di Indonesia sangat cocok dengan tanaman buah mangga maka, tanaman tersebut cepar berkembang dan tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan buah yang memiliki kualitas yang baik.
Penyebaran buah mangga hampir penyeluruh di wilayah Indonesia, bahkan  dari tiap-tiap daerah memiliki nama local masing-masing.  Di Madura, mangga disebut pao. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur buah mangga disebut palem.  Di Jawa Barat: Mangga. Di Aceh buah mangga disebut mamplam. Sedangkan di Bali buah mangga disebut ampelm.Bahkan dalam bahasa Indonesia buah mangga juga sering disebut mempelam.Di Negara India buah mangga memiliki cerita dongeng rakyat yaitu asal usul adanya buah mangga. Dongeng rakyat di India ini menyebutkan bahwa mangga adalah penjelmaan Dewa Prajapati.
     Orang asing yang pertama kali melihat kebun mangga yang indah di lembah Indus ialah Alexander Agung pada tahun 327 SM. Penulis tentang buah mangga di India yang pertama mungkin Huien T’Sang, pada tahun 632-45 SM.Rumphius (1741), ahli botani, menyimpulkan bahwa tanaman mangga baru beberapa abad ditanam di Kepulauan Asia.
     Sedangkan di India bagian timur yang berbatasan dengan Birma, mangga telah ditanam lebih dari empat ribu tahun, bahkan enam ribu tahun yang lalu. Ia berpendapat bahwa mangga berasal dari daerah perbatasan India-Birma.Istilah mangga berasal dari Bahasa Tamil di India yaitu: mankay atau man-gas. Dalam bahasa botani, mangga disebut Mangifera indica L., yang berarti tanaman mangga berasal dari India.Pada kenyataannya hampir di seluruh Negara bagian India terdapat tanaman mangga. Sebutan mangga dalam Bahasa Indonesia mirip sekali dengan bahasa Tamil: man-gas.
     Sejarah Penyebaran Buah Mangga Ke Indonesia
Dari India mangga menyebar ke Semenanjung Malaysia, kemudian ke Indonesia dan sekitarnya. Penyebaran itu mungkin karena dibawa pedagang India da penyebar Agama Hindu dan Budha sekitar abad keempat atau kelima sebelum Masehi.Mangga mulai ditanam di Kepulauan Maluku pada tahun 1665. Di Filipina, mangga ditanam pertama kali di Kepulauan Sulu dan Mindanao sekitar tahun 1400 dan 1450. Di Pulao Luzon sekitar tahun 1600 dan 1650.
(source : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/03/asal-usul-dan-sejarah-buah-mangga.html )

Nutrient Content :
Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz) adalah sebagai berikut.
Energi 272 kJ (65 kcal)
Karbohidrat 17,00 g
Gula 14,8 g
Diet serat 1,8 g
 Lemak 0,27 g
Protein 0,51 g
Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
Beta-karoten 445 mg (4%)
Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
Vitamin B6 0,134 mg (10%)
Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
Vitamin C 27,7 mg (46%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0,13 mg (1%)
Magnesium 9 mg (2%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 156 mg (3%)
Seng 0,04 mg (0%)
(source : https://7khasiat.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-mangga-bagus-untuk-kesehatan/)

Function :
 1. Mencegah diabetes
Manfaat buah mangga dapat mencegah diabetes. Kadar indeks glikemiknya yang rendah tidak berpengaruh pada peningkatan kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin dapat terhindar dari penyakit diabetes. Selain buahnya, daun buah mangga terbukti efektif mengatur kadar insulin. Penderita dapat merutinkan meminum rebusan daun mangga setiap pagi.
2. Mencegah kerusakan atau degenerasi makula
Degenerasi makula adalah salah satu gejala kerusakan penglihatan yaitu rusaknya bagian tengah retina sehingga tidak berfungsi normal. Kandungan buah mangga seperti zat antioksidan zeaxanthin mampu memberikan perlindungan saat mata terkena sinar cahaya biru. Sehingga mata akan terbebas dari degenerasi makula dengan rajin mengkonsumsi buah mangga.
3. Mencegah penyakit jantung
Buah mangga mengandung serat, kalium, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk kinerja jantung. Peran jantung sebagai organ pemompa darah sangat vital sehingga memerlukan nutrisi berlebih. Dengan memperbaiki pola makan, meningkatkan asupan kalium, menurunkan asupan natrium maka seseorang akan terhindar dari penyakit jantung.
4. Mencegah penyakit kanker
Sebuah penelitian para ahli membuktikan bahwa senyawa antioksidan dalam buah mangga efektif melindungi usus besar, payudara, leukimia, dan kanker prostat. Senyawa antioksidan dalam buah mangga tersebut antara lain isoquercitrin, astragalin, fiselin, asam galat, dan methylgallat. Keseluruhannya menangkal perkembangan sel jahat penyebab kanker.
5. Untuk kesehatan tulang
Manfaat buah mangga berguna untuk kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dalam buah ini dibutuhkan sebagai nutrisi tulang. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan patah tulang.
(source : https://7khasiat.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-mangga-bagus-untuk-kesehatan/ )


2.      Dragon Fruit
History :
Buah naga (dragon fruit) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus.Buah ini awal nya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga).
(source : http://kampungputraagro.com/blog/karakteristik-dan-jenis-buah-naga-di-indonesia)

Nutrient Content :
Buah naga memiliki rasa yang yang enak, manis, kadang- kadang sedikit asam, dapat dikonsumsi sebagai buah segar, maupun diolah,  serta  sebagai  campuran   makanan  dan minuman  lainnya. Secara umum,  kandungan nutrisi dari buah naga adalah: Air 90,20% ,Karbohidrat 11,50%, Protein 0,53% ,Lemak  0,40%, Serat  0,71%, Calcium 6-10 mg/100g, Fosfor 8,70%, Vitamin C: 9,40%.  Untuk jenis yang berdaging buah  merah,  mengandung beta carotene yang  berfungsi sebagai  antioksidan.  Warna  merah  berasal  dari  pigmen alami yang dikenal sebagai  hylocerenin dan isohylocerenin dan juga membuat berbagai  hidangan  berwarna  merah cantik ketika disajikan.
(source : https://jabar.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-teknologi/640-buah-naga)

Function :
1. Buah naga dapat digunakan sebagai bahan kosmetik dan kesehatan dengan fungsi  meningkatkan penglihatan dan mencegah hipertensi, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker.
2. Buah naga  dapat  disajikan sebagai  sayur yang  lezat, memiliki gizi tinggi, segar,  kaya vitamin C. Suatu hasil riset  mengemukakan bahwa sulur buah naga  yang masih muda sangat  kaya akan gizi, dan  kandungan vitamin.
3. Disebut sebagai “Raja buah”, buah naga memiliki warna merah yang cerah dengan bentuk  menarik. Dagingnya berwarna   putih  atau  merah,  terasa  manis ,  dengan aroma  ringan. Tingkat  kemanisan    buah  naga  adalah 16-18 derajat briks, lebih baik dari  melon.
4. Buah naga  dapat  sebagai  minuman,  dapat  disajikan dalam  jus buah  dan  salad  buah  atau  dibuat  menjadi selai. Buah ini juga dapat  dijus dan sebagai  campuran untuk membuat minuman yang sangat lezat.
5. Perlindungan     lingkungan.    Buah    naga    menyerap C02 di malam hari dan melepaskan  oksigen untuk membersihkan udara.
(source : https://jabar.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-teknologi/640-buah-naga)


3.      Grapes
History :
Anggur berasal dari Armenia, tetapi budidaya anggur sudah dikembangkan di timur tengah sejak 4000 SM. Sedangkan teknologi pengolahan anggur menjadi wine pertama kali dikembangkan orang Mesir pada tahun 2500 SM. dari mesir budidaya dan teknologi pengolahan anggur masuk ke Yunani dan menyebar ke daerah laut hitam sampai spanyol., jerman, prancis. dan austria .sejalan dengan perjalanan Colombus anggur dari asalnya ini mulai menyebar ke mexico ,amerika selatan, afrika selatan, asia termasuk indonesia dan australia
(source : http://orenjieculinary.com/sejarah-buah-anggur-dan-manfaatnya/  )

Nutrient Content :
Gula ( 15.48 g )
Karbohidrat ( 18.1 g )
Energi ( 288 kj )
Serat Pangan ( 0,9 g )
Lemak ( 0.16 g )
Protein ( 0.72 g )
Vitamin B1 ( 0.069 mg )
Vitamin B2 ( 0.07 mg )
Vitamin B3 ( 0.188 mg )
Vitamin B5 ( 0.05 mg )
Vitamin B6 ( 0.086 mg )
Vitamin B9 ( 1%)
Vitamin C ( 10.8 mg )
Vitamin K ( 21% )
Kalsium ( 10 mg )
Zat Besi ( 0.36 mg )
Magnesium ( 7 mg )
Mangan ( 0.071 mg )
Fosfor ( 20 mg )
Kalium ( 191 mg )
Natrium ( 3.02 mg )
seng ( 0.07 mg )
(source : https://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/11/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-anggur.html)

Function :
1. Mencegah Kanker Payudara zat kimia dalam anggur yang bernama reservatol akan bertugas menghambat perkembangan tumor atau sel kanker dalam tubuh manusia . senyawa tersebut sebetulnya lebih menguntungkan wanita dalam hal mencegah penyakit kanker payudara
2.Mengobati Sembelit adalah kondisi dimana sistem pencernaan manusia tidak dapat mengolah unsur makanan yang mengandung serat berlebihan , untuk itu cobalah minum jus anggur ketika mengalami sembelit .
3.Mencegah Rambut Rontok Para pakar kecantikan telah menemukan sebuah vitamin yang terbuat dari bahan baku anggur , vitamin ini difungsikan untuk menjaga kesehatan rambut dan manjauhkan dari segala bentuk kerusakan rambut
(source : https://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/11/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-anggur.html  )

 

No comments:

Post a Comment