Wednesday, February 7, 2018

Daily Report : English Muffin (Indonesia Ver.)

7 Februari 2018

            Hari ini, kami masih open resto, jadi kami datang seperti kemarin yaitu jam 07.00 untuk memastikan bahwa saat open resto jam 10 nanti semuanya sudah siap untuk disajikan. Untuk hari ini kami menyajikan “English Breakfast”.
English Breakfast Menu :
1.      Pineapple juice
2.      English muffin
3.      Plain muffin
4.      Coffee or tea with cream or lime segment
Namun, karena muffin yang sudah kami buat kemarin tidak akan cukup untuk 60 pax jadi kami membuat muffin lagi. Kemarin kelompok saya yang bertanggung jawab untuk membuat plain muffin jadi hari ini ditukar, kelompok saya yang membuat English Muffin. Kira-kira setelah 1 ½ jam kami selesai membuat English Muffin.
Ketika open resto, ada sedikit masalah karena ada customer yang protes dengan pineapple juice yang telah dibuat. Tapi kami dapat menyelesaikan masalah itu.

            Breakfast selesai pada pukul 11.00. Jadi sementara menunggu waktu breakfast selesai, saya membantu teman saya di butcher mengupas udang yang akan digunakan untuk membuat breakfast besok.
Pukul 11.00 breakfast selesai, kami kembali ke cool kitchen. Di cool kitchen semua orang sibuk menyiapkan menu yang akan disajikan untuk “Indonesian Breakfast” besok.
Berhubung kami sudah selesai bertugas untuk breakfast hari ini, kami membantu teman-teman kami yang menyiapkan breakfast besok. Kami membantu menyiapkan nasi yang akan dipakai untuk membuat nasi goreng, memotong bahan-bahan yang akan digunakan untuk mie goring, memotong sayuran untuk acar, dll.



             Setelah selesai preparing untuk besok, kami diberi waktu untuk beristirahat dari jam 12.30 sampai 13.30.
13.30 waktu istirahat selesai kami kembali ke cool kitchen dan one line. Kemudian kami direview oleh senior. Sekitar jam 16.00 review selesai dan kami melaksanakan general cleaning bersama-sama dengan senior. General cleaning selesai 17.00.
Sebelum kami pulang, Pak Ical menyampaikan beberapa hal mengenai blog dan apa saja yang akan kami lakukan besok. Kemudian kami boleh pulang~

Bahan-bahan dalam membuat English Muffin :
1.      Air (187,5gr)
2.      Ragi instant (4gr)
3.      Hard flour (250gr)
4.      Garam (4gr)
5.      Gula (4gr)
6.      Shortening (6gr)
7.      Butter (4gr)
Cara membuat English Muffin :
1.      Campurkan semua bahan-bahan kering
2.      Masukkan butter dan shortening
3.      Tambahkan air
4.      Mix adonan menggunakan mixer jika perlu
5.      Bentuk adonan jadi bulat
6.      Pindahkan adonan ke dalam cetakan

7.      Bake sekitar 30 menit

Bahan-bahan English Muffin

English Muffin


No comments:

Post a Comment