Thursday, February 22, 2018

Food Terminology



1.      Hawaian Chicken Salad :
Hawaian Chicken Salad adalah salah satu makanan pembuka atau appetizer,bisa juga disajikan sebagai menu utama atau main course. Selain itu chicken hawaian salad juga sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan program diet.Sauce yang digunakan pada Chicken Hawaian Salad yaitu mayonnaise,mengapa menggunakan sauce mayonaise,karena chicken hawaian salad merupakan makanan yang dihidangkan segar atau fresh dan harus menggunakan sauce dingin atau cold sauce agar tidak merubah tekstur makanan tersebut.



2.      Bisque :
Sebuah sup bisque, atau bisque, biasanya sup yang terbuat dari kerang. Anda tidak akan menyajikan lobster tidak sempurna atau kepiting sebagai pusat, tetapi Anda dapat menggunakan krustasea seperti untuk membuat yang terbaik bisque resep. Kerang dapat tanah untuk pasta halus dan ditambahkan ke dalam sup, untuk membuatnya lebih tebal. sup bisque dapat menebal dengan nasi atau mereka dapat bubur. Cognac atau anggur sering ditambahkan ke resep bisque untuk mengintensifkan rasa.
Kata bisque juga dapat berlaku untuk sup krim berbasis tanpa makanan laut, yang telah diproses atau bubur di sebuah pabrik makanan atau food processor. Varietas non-seafood bisque termasuk squash, jamur atau bisque tomat. Secara tradisional, bisque disajikan dalam cangkir dua ditangani atau cangkir.
Bisques berasal dari Prancis dan mereka terkait erat dengan chowders. Perbedaan antara bisque dan chowder adalah bahwa bisque adalah sebagian atau sepenuhnya mulus tapi chowder memiliki potongan bahan di dalamnya.



3.      Stew :
Stew adalah kombinasi dari bahan makanan padat yang telah dimasak dalam cairan dan disajikan dalam saus yang dihasilkan. Bahan dalam rebusan bisa termasuk kombinasi sayuran (seperti wortel , kentang , bawang , kacang , paprika , jamur , dan tomat ) atau daging , terutama daging yang lebih keras yang cocok untuk memasak lambat, seperti daging sapi . Unggas , sosis , dan makanan laut juga digunakan. Sementara air bisa dijadikan cairan rebusan, anggur , stok , dan bir biasa juga biasa. Bumbu dan perasa juga bisa ditambahkan. Stews biasanya dimasak pada suhu yang relatif rendah ( direbus , tidak direbus ), memungkinkan rasa berbaur.
Stew ini cocok untuk potongan daging yang paling tidak lembut yang menjadi lembut dan berair dengan metode panas lembab yang lembab. Hal ini membuatnya populer dalam masakan murah. Potongan yang memiliki sejumlah jaringan bungkusan dan agar-agar mudah terbentuk memberi embun yang lembab dan lembap, sementara daging tanpa lemak dapat dengan mudah menjadi kering.
Stew dapat ditebalkan dengan cara reduksi atau dengan tepung , baik dengan melapisi potongan daging dengan tepung sebelum dibakar, atau dengan menggunakan roux atau beurre manié , adonan yang terdiri dari bagian lemak dan tepung yang sama. Penebal seperti tepung maizena atau garut juga bisa digunakan.
Stews mirip dengan sup , dan dalam beberapa kasus mungkin tidak ada perbedaan yang jelas antara keduanya. Umumnya, stews kurang cair dari sup, jauh lebih tebal dan membutuhkan lebih lama memasak dengan api kecil. Sementara sup hampir selalu disajikan dalam mangkuk, stews mungkin cukup tebal untuk disajikan di atas piring dengan saus seperti saus di atas bahan padat



4.      Gratin :
Gratin adalah lapisan keemasan yang terbentuk dari permukaan makanan disaat makanan tersebut di brown didalam oven atau diletakkan di bawah grill atau broiler biasanya di atas makanan tersebut dilapisi dengan parutan keju, bread crumbs, or egg dan bread crumbs sebelumnya, “ gratin” adalah lapisan yang menempel pada wadah memasak, yang mana digores (grate in French) dan dimakan sebagai makanan kecil yang lezat. Istilah tersebut telah diperluas untuk menunjukkan metode dari memasak ikan, daging, sayuran, pasta dan bahkan dari makanan yang manis-manis.



5.      Provencale :
Sebuah istilah yang mengacu pada hidangan yang disiapkan dengan gaya Provence, sebuah wilayah di Prancis tenggara. Bahan yang menonjol digunakan dalam masakan Provencal meliputi bawang putih, bawang merah, tomat, jamur, terong, dan minyak zaitun. Seperti yang didefinisikan oleh Mechanical Turk pada tanggal 23 Desember 2011.



6.      Choux pastry :
Choux pastry adonan pastry prancis klasik digunakan untuk membuat eclairs, cream puffs dan sejenisnya;adonannya lembab seperti paste, - seperti adaonan yang dibuat dengan menggunakan air yang mendidih dan atau susu, tepung, telur, mentega. pertama-tama dimasak diatas kompor, kemudian di bake didalam oven, produk yang dihasilkan bertekstur keras, dengan tampilan luar yang renyah dan didlamnya berongga juga dikenal sebagai pate a choux.



7.      Nasi Putih :
Nasi merupakan makanan yang terus ada dari zaman ke zaman di Indonesia sejak masa Paleolitikum (50.000 hingga 100.000 tahun lalu), seperti dicatatkan dalam buku Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia.

Pada masa itu, makanan di Asia Tenggara telah terbentuk berdasarkan karakter geografisnya, termasuk padi-padian yang tumbuh subur di barat, sementara umbi-umbian subur di timur.

Saking suburnya, lahan tani di Jawa menjadi sumber beras bagi pulau-pulau lainnya, seperti yang terpantau oleh Thomas Raffles, Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Jawa (1811-1816), yang menuliskan kekaguman akan suburnya tanah Jawa dalam buku The History of Java.

Di sisi lain, faktor kerekatan masyarakat Indonesia dan nasi juga punya catatan tersendiri. Konsumsinya jauh tidak berimbang, setidaknya tercatat pada abad ke-19.

Saat itu, Dr CL van der Burg, ilmuwan yang merintis persoalan kesehatan dan higienitas di Hindia, mendapati konsumsi nasi (karbohidrat) orang Indonesia lebih banyak dibanding orang Eropa di Hindia Belanda, berdasarkan catatan Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia.

Orang Eropa mengonsumsi protein 15,4 persen, lemak 31,3 persen, dan karbohidrat 53,3 persen. Sementara itu, pribumi (orang Indonesia) hanya mengonsumsi protein 9,3 persen, lemak 9,9 persen saja, sedangkan karbohidrat terlampau tinggi hingga 80,8 persen. 

Memang, ada banyak faktor yang membuat konsumsi nasi di Indonesia tinggi. Lahan pertaniannya subur dan melimpah, seperti sudah disebutkan di atas. Ada juga faktor kemiskinan sehingga nasi rentan digunakan untuk mengenyangkan diri.

Lalu faktor lainnya adalah kurang informasi di antara masyarakat soal pilihan karbohidrat. Oleh karena itu, tidak heran jika Presiden Soekarno pada 1960-an kemudian berpandangan untuk melahirkan buku Mustika Rasa.

Buku tersebut menjelaskan bahwa masyarakat punya alternatif makanan selain beras sebagai sumber karbohidrat, bahkan menciptakan makanan-makanan baru yang bahannya berasal dari daerah masing-masing, seperti juga negara lain memanfaatkan kacang kedelai sebagai penganan.

(source : http://lifestyle.kompas.com/read/2017/05/03/092811720/sejarah.nasi.internet.dan.risiko.diabetes.orang.indonesia)




8.      Sambal matah :
Be pasih mesambel matah (nama dalam bahasa Bali, artinya ikan laut sambal mentah) adalah nama salah satu makanan khas Bali.

Makanan ini terbuat dari ikan laut segar, yang dilaburi dengan bumbu bawang putih, ketumbar, kunyit, terasi, garam dan kadang-kadang dengan kencur. Setelah bumbu ikannya meresap, lalu dipanggang dengan arang kayu atau arang batok kelapa. Adapun bahan sambalnya terdiri atas bawang merah, cabai rawit, sereh, terasi bakar, garam, dan bisa juga ditambahkan cabai besar untuk memberi tambahan rasa. Bahan-bahan tersebut dicampur, dirajang halus, lalu diremas-remas untuk menyatukan rasa. Terakhir, ditambahkan minyak kelapa asli dan air perasan jeruk limau.

Makanan ini disajikan biasanya bersama dengan nasi, plecing kangkung dan daun kemangi. Makanan ini cukup populer di daerah-daerah pesisir Bali; diantaranya di pantai Jimbaran (Kuta), pantai Sanur (Denpasar), dan pantai Lebih (Gianyar).

 
9.      Meuniere :
Meuniere adalah sebuah metode memasak yang dapat digunakan untuk semua jenis potongan ikan (whole, filleted, or steaks) ikannya selalu menggunakan sedikit terigu (sebab itu nama dari makanan/ meuniere berarti istrinya miller) dan digoreng menggunakan butter ini disusun diatas makanan yang memanjang dan di sprinkle dengan lemon juice, kemudian mentega nousette, butter noisette. Dan finally chop parsley.



10.  Clam chowder :
Clam chowder, new England sebuah clam chowder terbuat dari cream atau susu: juga dikenal sebagai clam chowder BOSTON.


1 comment: