Tuesday, February 6, 2018

Daily Report : Muffin (Indonesia Ver.)



6 Februari 2018

            Hari ini kami mulai melakukan “open resto” untuk pertama kalinya. Pada hari ini kami menyajikan “ Continental and American Breakfast” yang disajikan pada pukul 10.00. Jadi, kami harus datang ke dapur praktek lebih cepat daripada biasanya.
Continental Breakfast”s Menu :
1.      Watermelon Juice
2.      Soft roll
3.      Twist bread
4.      Coffee or Tea with cream or lime segment
American Breakfast’s Menu :
1.      Fruit Compote
2.      Egg dishes
3.      Danish
4.      Croissant
5.      Tea or Coffee with cream or lime segment
Kami datang pada pukul 7 dan langsung mengeluarkan soft roll, twist bread, dan adonan croissant dan Danish dari freezer. Karena adonan croissant dan Danish tidak mengembang maka kami melakukan proofing sekali lagi agar adonannya  mengembang lalu kemudian dibake.
            Sambil menunggu “open resto” Pak Syahrial memberitahukan kepada kami apa saja yang harus dilakukan saat “open resto” nanti. Karena kami masih ada waktu sebelum “open resto”, jadi senior-senior yang in charged pada hari ini meminta kami untuk memperkenalkan diri masing-masing. Setelah perkenalan singkat, Pak Ical datang dan membagi kami menjadi 2 grup. Grup pertama yang bertugas untuk menyiapkan breakfast pada hari ini, sedangkan grup kedua bertugas untuk membuat English muffin dan plain muffin yang akan disajikan pada “English Breakfast” besok.
            Kelompok saya termasuk di grup kedua. Jadi, kami mulai menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat yang akan kami gunakan dalam membuat plain muffin. Kemudian kami lansgung mulai mengerjakan adonannya. Adonan muffin kemudian dituangkan ke dalam cetakan lalu diberi choco chip dan langsung dimasukkan ke oven bersamaan dengan kelompok lain yang juga membuat muffin. Kami menunggu sekitar 30 menit hingga muffin mengembang, kemudian didiamkan hingga dingin lalu disimpan di dalam chiller agar bisa disajikan besok.
            Setelah selesai membuat muffin dan “open resto” juga telah selesai kami istirahat. Selesai istirahat Pak Ical memberikan penjelasan lebih jelas mengenai project yang akan kami lakukan dan berlangsung hingga semester 5. Setelah itu, senior melakukan sedikit review small book. Lalu, setelah review kami mulai general cleaning bersama semester 4. General cleaning selesai lalu kami beristirahat sebentar sambil menunggu hujan reda. Setelah hujan reda kami diperbolehkan untuk pulang.

Bahan-bahan dalam membuat Plain Muffin :



Cara membuat Plain Muffin :
1.      Campurkan semua bahan-bahan kering.
2.      Kemudian masukkan bahan-bahan cair termasuk mentega yang telah dilelehkan.
3.      Aduk hingga adonan kental.
4.      Masukkan adonan ke dalam cetakan muffin.
5.      Bake pada suhu 180OC.
 
Before bake

After bake



           

No comments:

Post a Comment