Tuesday, February 20, 2018

Daily Report : Serving Menu Rotasi I.1 (Indonesia Ver.)



20 Februari 2018

            Pada hari ini kami menyajikan menu yang sudah disiapkan kemarin, yaitu : chicken salad Hawaian untuk appetizer; shrimp bisque untuk soup; beef stew, bake of potato, dan zucchini saute provencale untuk main course; dan butter cake untuk dessert; dan French bread untuk iringan. Karena hari ini kami sudah memulai “on-off system”. “On-off system” adalah system yang dibuat oleh dosen kami, dimana kami akan dibagi menjadi 2 team, dan kami akan bergantian bertanggung jawab untuk menyiapkan menu dan open resto sementara team yang lainnya yang tidak doing akan mengerjakan proyek teknologi pangan.
             Pak Ical telah membagi kami menjadi 2 team, dan saya termasuk dalam team pertama jadi team saya akan bertanggung jawab untuk membuat menu makanan hari ini. Kami mulai prepare pada pukul 08.00, kami mulai mengeluarkan semua persiapan kemarin dari chiller. Lalu Pak Syahrial masuk dan mengecek semua prepare kemarin. Namun, saying sekali hasil prepare kami kemarin agak mengecewakan terutama untuk menu beef stew, butter cake, dan French bread. Jadi, kami mendapatkan hukuman kami harus memakan bawang putih. Kemudian, Pak Syahrial menjelaskan ulang mengenai menu hari ini. Setelah penjelasan ulang dari Pak Syahrial, kami segera mulai memperbaiki kesalahan yang kami buat karena open resto akan mulai pada pukul 12.00. Pertama, kami pisahkan daging dari saus tomat lalu bake daging selama kurang lebih 1 jam, lalu membuat mirepoix untuk dicampurkan ke saus. Sementara menunggu daging kami mulai memotong zucchini lalu menyimpannya di chiller. Setelah, itu, kami memanaskan shrimp bisque. Selanjutnya, kami menyiapkan nanas yang akan digunakan untuk chicken salad Hawaian. Daging sudah siap, kami mulai memanaskan saus lalu memasukkan mirepoix, dan tambahkan daging, lalu disimmer. Yang terakhir, kami saute semua bahan untuk zucchini saute provencale. Dan kemudian mulai plating untuk setiap menu.

Zucchini Saute Provencale in progress


Pineapple for Chicken Salad Hawaian 



Chicken Salad Hawaian



Beef Stew with Bake Potato and Zucchini Saute Provencale




Butter Cake


            Hari ini saya bertanggung jawab untuk menerima order dari service ke kitchen. Open resto dimulai lalu order mulai berdatangan. Sebenarnya, untuk menu table d’hote tidak perlu menunggu order tapi untuk menghindari makanan yang dikeluarkan akan lebih dari yang sudah disediakan maka kami menunggu order untuk menyajikan. Open resto selesai sekitar pukul 14.30. Setelah open resto saya membantu teman-teman saya dari team lain yang sedang menyiapkan untuk menu besok, yaitu :
1.      Macedoine of vegetable mayonnaise (appetizer)
2.      Minestrone soup (soup)
3.      Fillet of fish meuniere (main course)
4.      Potato au gratin (main course)
5.      Glazed root vegetables (main course)
6.      Choux ala crème (dessert)
7.      Hard roll (accompaniment)
Setelah selesai menyiapkan semua kami beristirahat sekitar 30 menit. Kemudian kami mulai general cleaning dan selesai pukul 18.00. Sebelum pulang Pak Jaya menginformasikan beberapa hal lalu kami berdoa dan boleh pulang.



No comments:

Post a Comment