Wednesday, March 21, 2018

Daily Report : Practical Mid Test (Indonesia Ver.)


21 Maret 2018
Jadi, hari ini saya melaksanakan mid praktik. Saya datang sebelum 8 pagi lalu menunggu Pak Syahrial sampai jam 8.30. Tapi dia tidak datang karena ada urusan di luar, Pak Jaya mengambil alih dan menyuruh kami segera memulai membuat menu kami hari ini. Menu untuk hari ini adalah:
1. Sambal ulang ulang (pembuka)
2. Sop kacang merah (sup)
3. Bebek menyetnyet dengan nasi putih, plecing kangkung, dan sambal matah    (hidangan utama)
4. Bika ambon (makanan penutup)
Dan saya bertanggung jawab untuk hidangan pembuka. Jadi saya mulai mengambil bahan yang sudah saya siapkan kemarin untuk membuat sambal ulang ulang. Bahan-bahannya adalah :
-          Eggplant (terong)
-          Green beans (kacang panjang)
-          Bean sprouts (tauge)
-          Cucumber (mentimun)
-          Salt
-          White pepper


Dan untuk dressing :
-          Almond sauce :
·         Shallots (bawang merah)
·         Bird’s eye chillies (cabai rawit)
·         Almonds
·         Tomatoes
·         Sliced lemon basil (kemangi)
·         Lime juice
·         Salt
-          Shallots (bawang merah)
-          Tomatoes
-          Sliced lemon basil (kemangi)
-          Lime juice
Pertama, saya membuat saus almond. Campurkan bawang merah, cabai, dan almond dalam food processor kemudian tambahkan tomat dan lemon basil dan giling hingga rata. Bumbui dengan garam dan air jeruk nipis. Kedua, saya membuat saus. Campur saus almond dengan bawang merah iris, irisan tomat, irisan lemon basil dan air jeruk nipis, lalu sisihkan. Selanjutnya, saya blanch sayuran kecuali mentimun. Terakhir, campurkan semua bahan dan bumbui dengan garam dan lada.
Setelah itu, kami simpan sambal ulang ulang di dalam chiller sementara kami menunggu resto terbuka sehingga sambal ulang ulang tetap segar saat disajikan. Pada 14.00 resto dibuka, kami mulai plating untuk 24 pax. 


Sambal Ulang Ulang


Bebek Menyatnyat with Nasi Putih, Plecing Kangkung, and Sambal Matah



Bika Ambon


Pukul 15.00 resto ditutup. Kami kemudian lamgsung melakukan general cleaning sampai jam 16.00. Kemudian kami menunggu hingga jam 17.00 dan Pak Ical memberi tahu kami beberapa hal dan kami berdoa dan kemudian kami boleh pulang.

No comments:

Post a Comment