Thursday, March 8, 2018

Food Terminology



1.      Pate
Pate adalah hidangan pembuka dingin yang terbuat dari daging ayam, sapi, ikan, hati yang dicincang halus dan diberi bumbu kemudian dicetak dengan cetakan empat persegi panjang, bahan dan dibungkus dengan adonan (pie) kemudian dimasukan kedalam cetakan dan dipanggang didalam oven. setelah dingin diberikan lapisan aspic jelly dan dimasukan ke dalam lemari pendingin.
Pate dihidangkan dingin, dipotong potong seberat 75-100gr per orang. nama pate di ambil dari bahan pokok yang dipergunakan misalnya chicken pate, game pate, veal pate, fish pate atau liver pate.
(source : http://ensavoirculinaire.blogspot.co.id/2014/12/apa-itu-pate.html)

2.      Clam chowder
Clam chowder, new England sebuah clam chowder terbuat dari cream atau susu: juga dikenal sebagai clam chowder BOSTON.

3.      Bisque
Sebuah sup bisque, atau bisque, biasanya sup yang terbuat dari kerang. Anda tidak akan menyajikan lobster tidak sempurna atau kepiting sebagai pusat, tetapi Anda dapat menggunakan krustasea seperti untuk membuat yang terbaik bisque resep. Kerang dapat tanah untuk pasta halus dan ditambahkan ke dalam sup, untuk membuatnya lebih tebal. sup bisque dapat menebal dengan nasi atau mereka dapat bubur. Cognac atau anggur sering ditambahkan ke resep bisque untuk mengintensifkan rasa.
Kata bisque juga dapat berlaku untuk sup krim berbasis tanpa makanan laut, yang telah diproses atau bubur di sebuah pabrik makanan atau food processor. Varietas non-seafood bisque termasuk squash, jamur atau bisque tomat. Secara tradisional, bisque disajikan dalam cangkir dua ditangani atau cangkir.
Bisques berasal dari Prancis dan mereka terkait erat dengan chowders. Perbedaan antara bisque dan chowder adalah bahwa bisque adalah sebagian atau sepenuhnya mulus tapi chowder memiliki potongan bahan di dalamnya.
4.      Bolognaise
Bolognese adalah salah satu kekayaan kuliner Italia yang dijunjung tinggi oleh warganya. Asal-usul saus daging-tomat ini pun tak bisa dibilang pendek. Livio Cerini pernah menjelaskan sejarah Ragu alla Bolognese dalam buku resep masakan Italia yang dirilis pada abad ke-20. Mengutip situs The Local, Rabu (14/9/2016), kata ragu berasal dari bahasa Perancis yakni ragouter yang artinya "menambahkan rasa terhadap sesuatu". Saat Kekaisaran Romawi menginvasi Galia (Perancis), warga Galia meracik saus yang kini terkenal sebagai ragout. Dulu, ragu merupakan racikan bahan dan bumbu yang biasa disajikan sebagai hidangan utama. Namun kemudian, ragu mulai dimakan bersama hidangan karbohidrat yakni roti. Ragu alla Bolognese(THINKSTOCK) Ragu yang diracik pada zaman pendudukan Romawi itu tidak menggunakan tomat sebagai bahan utama. Tomat baru masuk ke Eropa sekitar tahun 1500. Resep utama ragu yang terbuat dari bahan tomat disinyalir muncul pada akhir 1700-an. Pelopornya adalah Alberto Alvisi, koki restoran Cardial of Imola yang meracik saus berbahan tomat dicampur dengan daging. Saus tersebut kemudian disajikan bersama sepiring pasta. Pada awal 1800-an, resep ragu berbahan dasar tomat mulai tersebar lewat buku-buku yang tersebar di wilayah Emilia-Romagna di Italia. Pada masa itu, ragu disajikan hanya pada masa liburan dan momen spesial. Hingga akhirnya pada 1982, resep ragu 'diresmikan' oleh Italian Academy of Cuisine at the Bologna Chamber of Commerce. Selain tomat, ragu versi 'resmi' ini juga memiliki bahan dasar daging babi asap dan susu. Kini, di seantero Italia, ragu tak hanya berbahan dasar daging. Di beberapa wilayah, ragu dimasak menggunakan ikan seabass bahkan tahu lunak (tofu). Ragu yang dikenal sebagai saus bolognese adalah Ragu alla Bolognese. Selain Bologna, resep ragu yang juga tersohor berasal dari Naples. Wilayah yang terkenal sebagai 'tuan rumah' pizza tersebut terbuat dari tomat yang dicampur potongan besar daging. Para koki biasa menggunakan beragam jenis daging mulai dari sapi, sapi muda, dan babi. Semua bahan dimasak dalam waktu berjam-jam, sehingga bumbu meresap sempurna ke dalam daging.
5.      Custard
Custard adalah dessert tradisional di Eropa. Ini berbeda dari puding dan biasanya dikentalkan dengan telur. Dan ini juga bisa di jadikan bentuk dasar untuk gelato, dan dapat digunakan sebagai saus custard-jenis ini juga digunakan untuk membuat olesan French toast, atau untuk membuat masakan berbahan dasar telur seperti quiche.

Dessert ini biasanya dimasak di atas double boiler. Terkadang ditambahan pengental dengan tepung jagung atau dengan gelatin. Custard Perancis dibedakan dari pengental, terpisah atau tidak menggunakan pengental tambahan

Setelah susu yang dipanaskan secara menyeluruh, telur ditambahkan dalam proses yang sangat rumit. Telur harus ditambahkan satu per satu sehingga mereka tidak "matang" dalam campuran susu panas. Jika proses ini dilakukan dengan benar, custard akan memiliki tekstur yang halus. Tergantung pada jumlah telur ditambahkan dan bahan pengental tambahan, Saus custard vanili ( kita menyebutnya vla )bisa menjadikan puding kita menjadi lebih lezat

Produk susu yang digunakan dalam puding biasanya krim atau setengah-setengah. Susu rendah lemak cenderung tidak memberikan rasa cream yang kuat. Jika menggunakan susu rendah lemak, disarankan untuk menggunakan tepung maizena sebagai pengental serta telur.

Custard menurut saya jika dibedakan dari proses pemasakan maka bisa di kategorikan menjadi :

1. Di masak di atas api, Custard jenis ini biasa di jadikan bahan isian (CRÈME PÂTISSIÈRE) isian soes atau eclair
Bahan dasarnya fresh milk, kuning telur,gula, dan di kentalkan dengan corn starch ( maizena ) biasanya di tambahkan aroma vanili.
2. Di oven, custard jenis ini biasanya menggunakan dasar kulit bisa menggunakan kulit pie,puff pastry atau cust,
Bahan dasarnya kuning telur, fresh cream aromatic agent, flavouring agent
3. BAIN MARIE or WATER BATH custard jenis ini hanay menggunakan bahan dasar cream, telur, nah yang biasa kita kenal adalah cream caramel
4. Double boil tehnik ini biasanya di gunakan dalam pembuatan custard puding custard jenis ini harus menggunakan bahan pengental tambahan, seperti gelatin
6.      BROICHE
Brioche  adalah sebuah roti diperkaya tinggi asal Perancis, yang kandungan telur dan menteganya yang tinggi menghasilkan remah roti yang kaya dan lembut. Roti ini agak mengembang sesuai proporsi mentega dan telur.Roti ini memiliki kulit gelap, emas, dan rapuh.
Brioche dianggap sebagai bagian dari Viennoiserie. Kelompok roti ini dibuat dengan cara dasar yang sama seperti roti, tetapi memiliki aspek kue kering yang tinggi karena banyaknya kandungan telur, mentega, cairan (susu, air, krim)
(source : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Brioche)


7.       BIKA AMBON
Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.
(source : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bika_ambon)


8.      SAMBAL ULANG ULANG
Sambal adalah saus pedas dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan saricabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.
(source : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sambal)

9.      MAYONAISE SAUCE
Mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich. Mayones ada yang hanya menggunakan kuning telur saja atau menggunakan sari buah lemon atau mustard sebagai perasa. (source : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mayones)

10.  SOUFFLE
Soufflé adalah cake yang banyak menggunakan putih telur sehingga ringan dan mengembang. Dalam Bahasa Perancis, kata soufflé adalah bentuk lampau dari souffler yang berarti memompa, persis seperti bagian atasnya yang menggembung.
Soufflé berbentuk silinder dan berwarna putih kekuningan hingga cokelat. Cake ini bisa disajikan sebagai menu utama yang gurih asin, namun bisa juga dijadikan makanan penutup yang manis. Keju, selai, buah, berry, cokelat, pisang, dan lemon biasanya digunakan untuk memberi rasa pada souffle
(source : https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-1937914/souffle-si-balon-yang-lembut-manis-gurih)



No comments:

Post a Comment