Monday, October 8, 2018

Daily Report : Ala Carte I, 1st Week Day-1 (Indonesia Ver.)


8 Oktober 2018
Hari ini, kembali lagi minggu praktik dan seperti biasa kami mulai jam 8 pagi. Untuk minggu ini kita akan belajar tentang ala carte. Kami oneline dan Pak Ical datang dan dia menjelaskan tentang ala carte. Dan setelah itu, Pak Ical menjelaskan tentang menu yang akan kami buat untuk 1 minggu ini mulai dari appetizer sampai dessert, yaitu:
Appetizer ;
Salad Nicoise
Salad of Seared Sea Scallops with Oriental Vinaigrette
Rujak Buah
Thai Chicken Salad
***
Soup :
Puree of Pumpkin Soup
***
Main Course :
Sushi Plate
Pan Seared of Salmon with Holandaise Sauce
Duchesse Potatoes
Saute Jardiniere Vegetables
Grilled Lamb Steak with Rosemary and Almond
Colcannon
Vegetable Tagliatelle
Moules Mariniere
Gratin Dauphinoise
Creamed Spinach
***
Dessert :
Rice Pudding
Bubuh Injin
Sachertorte
***
Great for Sharing :
Pizza Margherita
Monte Cristo Sandwich
Reuben Sandwich
White Pan Bread
Onion Rings

Sebelum memulai, Pak Ical membagi kami menjadi beberapa section : cold kitchen, main kitchen, pastry and bakery, and butcher. Section ini memiliki tanggung jawab mereka masing-masing untuk setiap menu. Cold kitchen menangani appetizer dan sauce, main kitchen menangani main course, pastry and bakery menangani dessert and bakery products, dan butcher menangani daging mentah, ikan, dan unggas. Dan saya di  section pastry and bakery.
Di section saya ada 7 orang, jadi kami membagi tugas, karena ada 3 jenis dessert, adonan pizza, dan toast bread untuk cold kitchen yang dibuat oleh pastry dan bakery. Saya dan 2 teman saya menangani sachertorte, 2 menangani bubuh injin dan rice pudding, 1 menangani toast bread, dan 1 menangani adonan pizza. Setelah membagi tugas kami masing-masing, kami mulai doing segera. Untuk sachertorte, pertama, kami menyiapkan bahan-bahannya. Menurut resep kami membutuhkan mentega, gula, dan kuning telur dicampur bersama. 



Setelah itu, campur putih telur dengan icing sugar hingga berubah menjadi whip cream. Kemudian, untuk bahan keringnya ada bubuk coklat, tepung, dan almond yang sudah di-chop. 


Selanjutnya, kami mencampurkan bahan-bahan kering ke dalam whipped cream dan juga menuangkan mentega yang sudah dicampur sebelumnya. 


Terakhir, tuang ke dalam cetakan dan panggang dalam suhu 160O C selama 45 menit. 


Kami hanya membuat satu resep terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika adonan gagal. Melihat hasilnya tidak cukup bagus jadi kami membuat 2 resep lagi tapi untungnya yang lain ternyata cukup bagus.
Setelah selesai dipanggang, kami membuat selai untuk isinya. Selai dibuat dari buah persik. Kami menghancurkannya menggunakan blender, lalu boil dalam panci dan dicampur gula sampai selai mengental. Selesai dengan selai, kami menyimpan sachertorte dan selai. Setelah itu, kami memulai general cleaning segera. Ketika general cleaning, hanya ada 4 dari kami di pastry, jadi itu sangat melelahkan ditambah kami tidak ada waktu istirahat hari ini, jadi jujur ​​saja saya agak lelah. Kami selesai general cleaning jam 7 malam. Setelah itu kami oneline dan Pak Jaya bertanya kepada kami tentang persiapan kami, setelah itu kami berdoa dan kami dapat pulang.

No comments:

Post a Comment