Monday, October 1, 2018

Local Food


1.      Sop Saudara
Nama SOP SAUDARA telah membumi. Popularitas produk makanan berkuah ini telah ikut mempopulerkan Kab.Pangkep di kancah per-kuliner—an tanah air. Asal usul dan sejarah SOP SAUDARA tidak bisa dilepaskan dari kisah perjalanan hidup Bapak H. ABDULLAH alias H. DOLLAHI, sang penemu dan peracik pertama SOP SAUDARA PANGKEP.

Berawal dari tahun 1957, H. Dollahi, putera kelahiran Sanrangan, Kec.Pangkajene, Pangkep 1931 ini melirik pekerjaan sebagai pelayan warung. Kala itu, seorang warga Pangkep bernama H.SUBAIR (alm) membuka warung Sop Daging di Pasar Bambu Makassar (disekitar Jln Irian/Jln Wahidin Sudirohusodo) yang pada waktu itu cukup laris.

Pengalaman sebagai pelayan warung selama 3 (tiga) tahun, H.DOLLAHI banyak belajar tentang Sop. Tahun 1960 ketika Pasar Senggol (sekitar Karebosi) Makassar dibuka, ia memutuskan untuk mendirikan usaha warung sendiri dengan dibantu 14 karyawan yang berasal kalangan intern keluarga sendiri.

H.DOLLAHI berkreasi membuat Sop yang lebih istimewa dibanding dengan racikan seniornya, H.SUBAIR dengan menambahkan bumbu yang selama ini dinilainya masih kurang. Selain membenahi rasa, ia juga memberi terobosan memberi nama Sop buatannya dengan nama SOP SAUDARA.

Mengapa memilih nama SOP SAUDARA? Alasannya adalah selain terinspirasi dari nama warung COTO PARAIKATTE yang juga terkenal saat itu, juga dimaksudkan agar orang-orang yang datang dan makan Sop diwarungnya merasa BERSAUDARA dengan pemilik, pelayan, dan sesama pelanggan warung. Misi SOP SAUDARA menghadirkan nilai & suasana PERSAUDARAAN. Sampai ada yang mengatakan : SOP SAUDARA itu singkatan dari “Saya Orang Pangkep, Saudara!!”.

SOP SAUDARA tidak jauh berbeda dengan Coto Makassar makanan khas Sulawesi Selatan lainnya. Sama-sama berbahan baku daging sapi dan keduanya disajikan dalam mangkuk kecil. Yang berbeda adalah SOP SAUDARA menggunakan parkedel kentang sedangkan Coto Makassar tidak. Bumbu yang digunakan juga sedikit berbeda SOP SAUDARA menggunakan merica dan ketumbar. Yang lainnya sama saja keduanya menggunakan bawang merah, bawang putih, lengkuas sebagai bumbu dasarnya.

Perbedaan lain dari keduanya adalah cara penyajiannya. Coto Makassar biasanya disajikan bersama ketupat, sedangkan SOP SAUDARA disajikan dengan nasi dan ikan bakar (bandeng). Tetapi menurut sang penemunya, H. DOLLAHI, hidangan SOP SAUDARA akan terasa lebih istimewa bila tidak dihidangkan dengan ikan bakar karena menurutnya Cobe-Cobe (saus) dari ikan bakar bisa menghilangkankan aroma dan rasa khas SOP SAUDARA.

Kini usaha warung SOP SAUDARA PANGKEP mengalami perkembangan pesat, tidak hanya di Sulawesi Selatan tetapi juga telah merambah di seantero nusantara bahkan di Malaysia dan Arab Saudi.


2.      Sup Konro dan Konro Bakar
Sop konro dan konro bakar merupakan salah satu kuliner yang bisa memanjakan lidah Anda yang mencintai masakan nusantara, baik penduduk lokal maupun pendatang. Biasanya makanan khas ini dapat ditemukan disepanjang jalan kota Makassar, selain itu sudah banyak restoran yang menjadikan sop konro sebagai menu utamanya. Diberbagai acara pernikahan, perayaan hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha maupun acara lainnya, menu satu ini jarang terlewatkan. Sebagian besar penduduk asli Makassar bahkan lebih sering membuatnya sendiri untuk dinikmati bersama keluarga, karena cukup mudah dan praktis.

Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi.

Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam.
Selain keluwak, sop konro ini dimasak dengan berbagai rempah lain seperti jahe, lengkuas, kayu manis, kapulaga, asam jawa, kunyit, kemiri, ketumbar, dan jinten.

Konro merupakan salah satu masakan khas yang banyak dicari para turis domestik maupun mancanegara ketika berkunjung ke Kota Makassar. Isinya bukan daging sapi, melainkan tulang iga. Mau dibakar atau direbus biasa di dalam kuah sup, tulang iga ini tetap enak disantap.

Sama dengan Coto, bagi sebagian orang, belum lengkap berkunjung ke kota Makassar tanpa mencicipi konro. Selain khas, makanan ini juga gampang didapatkan di berbagai sudut kota.

Bagi kalian yang ingin membuat sendiri masakan khas ini, kami menyediakan resep dan cara membuat sop konro dan konro bakar khas Makassar. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu anda sipakan jika ingin membuat sop konro bakar khas Makassar.
Bahan sop konro:
– 1 Kg iga Sapi, diiris sesuai ruasnya
– 2 L air untuk merebus iga sapi
– 1 cm Jahe, parut
– 3 cm Lengkuas, memarkan
– 3 cm Kayu manis
– 3 butir cengkih
– 2 lembar daun Salam
– 2 sdm air asam jawa
– 1/2 sdt garam
Bahan bumbu halus
– 5 butir bawang merah, haluskan
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 1 sdt merica bubuk
– 2 sdm kluwak, (ambil daging buahnya dan rendam dalam 2 sdm air panas, haluskan)
– 1/2 sdm kunyit
– 1/2 sdm jintan
– garam secukupnya (penyedap rasa)
– 3 sdm minyak goreng
Cara membuat sop konro:
– Rebus iga sapi yang telah di potong-potong sesuai ruas-ruasnya dalam 2 L air, rebus bersama dengan jahe, lengkuas, kayu manis, cengkih, daun salam, air asam jawa, dan tambahkan garam.
– Sementara iga sapi direbus dengan api sedang, tumis bawang merah, bawang putih, merica, kluwak, kunyit, jintan, yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Tambahkan garam secukupnya (bisa menggunakan penyedap rasa favorit Anda).
– Masukkan tumisan bumbu halus ke dalam rebusan iga sapi sebelumnya. Tunggu hingga daging lunak dan bumbu meresap ke dalam daging. Angkat.
– Masukkan ke dalam mangkuk, sop konro siap disajikan. Untuk mempercantik tampilan sop konro taburi dengan bawang merah goreng dan daun bawang, serta perasan jeruk nipis agar lebih lezat. Sajikan selagi hangat.
Cara membuat konro bakar:
– Rebus iga sapi dalam air bersama dengan jahe, lengkuas, kayu manis, cengkih, daun salam, air asam jawa, dan garam (Bisa menggunakan penyedap rasa favorit Anda).
– Sementara iga sapi di rebus, tumis bahan bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan iga sapi, hingga bumbu menyerap dan iga menjadi matang dan lunak. Tiriskan iga sapi, dan rebus kaldu hingga lebih kental.
– Bakar iga sapi di atas bara api, sambil diolesi dengan bumbu kaldu kental hingga harum. Angkat, taburi dengan bawang merah goreng, dan sajikan bersama bumbu kaldu yang kental dan perasan jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.

Demikian resep dan cara membuat sop konro dan konro bakar khas Makassar yang dapat kami tuliskan, semoga dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Selamat mencoba sendiri di rumah Anda.
(source : https://www.kabarmakassar.com/posts/view/1720/konro-bakar-membuat-ingin-kembali-ke-makassar.html)


No comments:

Post a Comment