Saturday, November 23, 2019

Famous Food


1.      Pisang Coklat (Piscok)
Pisang coklat atau sering disebut dengan piscok adalah makanan ringan yang sangat enak, yang terbuat dari pisang yg di temani dengan coklat,bisa juga ditambah dengan keju yang di bungkus atau di lapisi dengan kulit yang bernama kulit lumpia.
Sangat banyak orang yang menjual piscok, dari mulai toko yang besar,sampai warung warung kecil pun banyak yang menjual, dan harga nya pun sangat murah.
Kalau kita ingin mencoba membuat piscok, saya puya resep dan cara membuat piscok, semoga bermanfaat.
RESEP PISCOK MELER :
-      18 buah pisang raja, kupas kulitnya18 lembar kulit lumpia200 ml susu cair80 gram (2 sachet) susu kental manis (SKM) coklat15 gram coklat bubuk75 gram gula pasir1 sdt tepung maizena50 gram mesessecukupnya keju cheddar1 butir telur, kocok lepas untuk perekatsecukupnya minyak untuk menggoreng
CARA MEMBUAT PISCOK MELER :
Campurkan susu, coklat bubuk, gula pasir dan tepung maizena, serta aduk rata hingga adonan tidak ada gumpalan.Didihkan adonan sambil terus diaduk hingga semua bahan larut dan mengental, matikan api dan biarkan dingin. Setelah cukup dingin, baru masukkan meses serta aduk rata.Siapkan 1 lembar kulit lumpia, celupkan pisang dalam saus coklat secara merata, lalu letakkan di atas kulit lumpia. Sirami lagi dengan saus coklatnya sesuai selera agar lebih lumer, kemudian lipat menyerupai amplop dan gulung dengan rapih, serta rekatkan ujungnya dengan olesan telur. Lakukan hingga adonan habis, setelah itu piscok telah siap untuk digoreng.Panaskan minyak, goreng piscok hingga matang kuning kecoklatan, angkat dan siap untuk disajikan dengan tambahan taburan keju parut sebagai toppingnya.



2.      Crepes
Crêpe adalah panekuk tipis yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan yang sangat digemari di seluruh Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya adalah terigu,telur,susu,mentega,dan garam. Terdapat dua jenis crêpe, yaitu crêpe manis yang terbuat dari tepung gandum dan crêpe asin yang terbuat dari tepung buckweat.

Crêpe berasal dari Bretagne, sebuah wilayah di Prancis bagian barat, di mana crêpe disebut sebagai kramphouezh. Namun, konsumsi crêpe sekarang sudah meluas di seluruh Prancis. Buckwheat berasal dari Tiongkok, dan setelah menyebar ke Eropa Timur berkembang menjadi makanan sejenis yang disebut blintz. Di Bretagne, crêpes biasanya disajikan secara tradisional dengan saus apel. Di kawasan Eropa Tengah , makanan sejenis ini disebut palačinka (bahasa Ceko,Slowakia,Kroasia,dan Slovenia), palatschinken (Austria), palacsinta (bahasa hongaria). Semua julukan ini berasal dari kata Rumana plăcintă (bahasa Latin placenta yang berarti 'kue'). Di kebanyakan daerah Jerman, crêpe disebut sebagai Pfannkuchen, dan dalam Bahasa Belanda pannenkoeken. Kedua kata ini, berasal dari kata 'pan' dan 'cake' yang masing-masing berarti 'pemanggangan' dan 'kue'.



No comments:

Post a Comment