Thursday, November 29, 2018

Local Food


1.      Buroncong
Kue buroncong khas makassar adalah salah satu kue yang hingga kini masih diminati, bentuknya mirip dengan pukis yang berbentuk setengah lingkaran. Kue ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan parutan kelapa muda, soda kue, gula dan juga santan. Biasanya menu ini dinikmati dikala masih hangat di pagi hari sebagai menu sarapan. Selain itu kue ini juga bisa disajikan bersama minum teh atau kopi pada waktu bersantai bersama keluarga. Jika anda berada di kota Makassar tentu tidak asing dengan makanan ini.

Cara membuat kue buroncong ini adalah dengan memanggangnya dalam cetakan di atas bara api yang berasal dari kayu bakar. Kue buroncong saat ini agak sedikit sulit untuk ditemukan, tapi ternyata masih banyak orang yang menggemari kue ini. Menikmati kue buroncong bisa menjadi salah satu alternatif untuk bernostalgia tentang masa lalu.
Konon kue ini sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu, malah mungkin ratusan tahun lalu oleh masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya.  Memang belum ada sumber atau data yang tahu betul kapan asal mula pastinya kue tradisional ini ditemukan.
Kue ini punya beberapa nama lain seperti buroncong, baroncong atau guroncong. Nama-nama tersebut adalah penyebutan orang Bugis untuk kue tersebut. Kue buroncong dulunya dijajakan secara berkeliling menggunakan gerobak dorong atau pikulan. Penjual Kue buroncong akan berkeliling pada pagi hari dan siang hari untuk mencari pembeli. Tapi sekarang sudah banyak penjual yang membuka dagangannya di rumah. Jadi, kita tidak perlu lagi untuk menunggu lama mereka muncul jika kita ingin menikmati Kue buroncong ini.


2.      Kue Taripang
Kue taripang merupakan salah satu resep kue tradisional yang khas berasal dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Kue taripang atau kue teripang ini terbuat dari bahan utama yakni tepung beras ketan, yang dibuat bulat-bulat atau sesuai keinginan pembuatnya, lalu digoreng dan terakhir dibaluri dengan Karamel dari gula merah atau gula aren. Rasa kue taripang ini sangat lezat dan manis karena adanya penambahan lelehan gula merah.
Berikut ini resep cara pembuatan kue taripan khas Makassar ini, antara lain:
Bahan-Bahan:
-          200 gr tepung ketan
-          100 ml santan cair yang mendidih (vierly: 200ml)
-          1/2 butir kelapa parut (vierly: kelapa powder)
-          1 sdt garam
Gula salut:
-          225 gr gula merah
-          50 ml air
Cara Membuat Kue Taripang yang Manis dan Enak:
-          Campur semua bahan, remas-remas sambil tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni hingga bisa dibentuk bulat sebesar telur ayam dan pipihkan. Goreng dalam minyak panas sedang sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan.
-          Gula salut: didihkan semua bahan sampai larut, kental, dan berbuih. Kecilkan api, masukkan gemblong goreng, aduk cepat dan rata sampai semua tersalut gula. Angkat dan dinginkan.
-          Kue Taripang siap di sajikan.
(source : https://budaya-indonesia.org/Kue-Taripang)


No comments:

Post a Comment