Monday, April 2, 2018

Daily Report : Menu Rotasi II.1 Preparation (Indonesia Ver.)


2 April 2018
Hari ini, adalah hari pertama minggu praktek setelah mid test. Seperti biasa, sebelum kami memulai, kami oneline dan supervisor memeriksa grooming dan toolbag kami. Setelah itu, kami masuk ke kitchen dan meletakkan tas kami di loker kemudian oneline di cold kitchen. Sementara kami menunggu Pak Syahrial, supervisor mereview buku kecil kami satu per satu hingga 11.00 tapi karena Pak Syahrial sibuk jadi pengawas memerintahkan kami untuk mulai prepare menu besok.
Untuk minggu ini, kami akan menyajikan menu rotasi II yang merupakan makanan Oriental. Besok, kami akan menyajikan menu rotasi II.1, yaitu:
1.      Chinese spinach and peanut salad (appetizer)
2.      Traditional egg drop soup (soup)
3.      Beef rice bowl (main course)
4.      Tang yuan and Tang zhong (dessert)
Dan hari ini grup 1 (tim 1,3,5,7,9) yang bertugas untuk prepare yang termasuk juga tim saya. Jadi, supervisor mulai membagi hidangan kami, dan tim saya ditugasi untuk traditional egg drop soup. Untuk hidangan ini, kami menyiapkan kaldu ayam dan ayam cincang. Pertama, kita merebus air dan blanch tulang ayam, kemudian merebus air dalam stock pot besar dan memasukkan mirepoix, bouquet garnie, dan tulang ayam yang sudah diblanch tadi, lalu simmer dan skimmer permukaannya. Kedua, kita rebus daging ayam dan cincang, kemudian simpan dalam bowl dan tutup dengan plastic wrap.

Minced Chicken

Setelah itu kami menunggu tim lain yang masih mempersiapkan hidangan mereka. 


15.00 semua prepare selesai jadi kami diizinkan untuk beristirahat sampai jam 16.00. Setelah istirahat, kami kembali lagi di cold kitchen dan supervisor menanyakan mengenai prepare kami. Sementara kami menunggu general cleaning, kami bermain sebuah game dengan supervisor. 17.00 sebelum memulai general cleaning, tim saya skimmer kaldu ayam yang kami simmer selama sekitar 5 jam dan simpan dalam stock pot besar dan tutup dengan plastic wrap.

Chicken Stock

General cleaning dimulai sampai jam 18.00. Kami menunggu hingga jam 19.30. dan kami kembali oneline, Pak Jaya bertanya tentang prepare tadi dan jika kekurangan bahan. Setelah itu, kami berdoa dan kami bisa pulang.

No comments:

Post a Comment