Wednesday, April 4, 2018

Daily Report : Menu Rotasi II.3 Preparation (Indonesia Ver.)


4 April 2018
Hari ini, kita mulai jam 08.00 seperti biasa, sebelum kami memasuki dapur, oneline dan supervisor kami memeriksa toolbag dan grooming, setelah itu kami masuk ke cold kitchen. Kemudian Pak Syahrial datang dan menjelaskan kepada kami tentang menu hari ini, menu rotasi II.2 (Thailand), yaitu:
1.      Thai beef salad (appetizer)
2.      Tom yam goong (soup)
3.      Gai tod takrai with yam makeua yo and khau plao (main course)
4.      Khao neow ma muany (dessert)
Dan sekitar jam 10.00 kelompok 2 mulai doing dan kami, kelompok 1 melanjutkan proyek kami di luar.
Sekitar jam 14.00 resto dibuka dan kelompok 2 mulai menyajikan makanan. Grup 1 kembali ke dapur dan mulai mempersiapkan menu besok, menu rotasi II.3 (Indonesia), yaitu:
1. Jalangkote (appetizer)
2. Sosok utan (soup)
3. Konro bakar dengan nasi putih (main course)
4. Pisang ijo (dessert)
Kami oneline dan supervisor membagi tim untuk menangani menu mulai dari hidangan pembuka hingga makanan penutup dan tim saya menangani hidangan utama, konro bakar dengan nasi putih. Pertama, teman saya memotong daging di butcher, sambil menunggu daging saya membuat spice paste untuk bumbu konro. Spice paste  yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, kacang hitam, lengkuas, jahe, serai, dan ketumbar panggang yang digiling dalam food processor hingga sangat halus.


Setelah itu, daging sudah siap dan kita masak bersama dengan spice paste sampai reduce. Sambil menunggu konro bakar reduce kami membuat bumbu kacang dan acar. Kami menggoreng kacang tanah untuk bumbu kacang dan kemudian menggilingnya bersama dengan saute cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan bird’s eye chili.


Untuk acar, kami hanya memotong sayuran (mentimun dan wortel) dan kami akan toss besok dengan bahan lainnya.


Setelah itu, kami cover bumbu kacang dan acar dengan wrap dalam bowl.
Setelah kami selesai prepare, kami memulai general cleaning dari jam 16.00 sampai jam 17.00. Selesai general cleaning kami istirahat. Sementara istirahat, konro bakar telah reduce kemudian kami memindahkan konro bakar ke dalam food insert dan cover dengan wrap, dan besok akan digrill dan disajikan.


18.00 kami oneline, Pak  Jaya mengevaluasi hari ini dan setelah itu kami berdoa dan kami dapat pulang.

No comments:

Post a Comment