Friday, April 6, 2018

Food Terminology


1.       Sop Kacang Merah
Sup kacang merah ini biasanya ditemukan di Belanda dan Indonesia Timur, lebih sering dikaitkan dengan masakan Ambon di Kepulauan Maluku. Supnya terbuat dari kacang merah dengan sayuran yang disajikan dalam kaldu yang dibumbui dengan bawang putih, lada, dan bumbu lainnya. Hidangan ini berasal dari pengaruh masakan Belanda terhadap Indonesia kolonial yang diadopsi oleh orang-orang provinsi-provinsi bagian timur.


2.      Mie
Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air. Orang Italia, Tionghoa, dan Arabtelah mengklaim bangsa mereka sebagai pencipta mi, meskipun tulisan tertua mengenai mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Pada Oktober 2005, mi tertua yang diperkirakan berusia 4.000 tahun ditemukan di Qinghai, Tiongkok.


3.      JALANGKOTE
Jalangkote adalah makanan ringan  kulinerkhas Makassar yang bentuknya serupa dengan kue pastel. Bedanya kue pastelmemiliki kulit yang lebih  tebal  dibandingkan jalangkote dan bila pastel dimakan bersama cabe rawit, jalangkote dimakan bersama sambal cair  campuran  cuka dan cabe. Jalangkote memiliki  isi wortel dan kentang yang dipotong  dadu, tauge, serta laksa yang ditumis dengan menggunakan bawang putih, bawang merah, merica, dan bumbu-bumbu lainnya. Beberapa jalangkote menambahkan  seperempat. atau  setengah telur  rebus dandaging cincang untuk isinya.  Kulit jalangkote terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, santan, mentega, dan garam.


4.      KhaoNiowMamuang
Ketan mangga (bahasa Thai: ข้าวเหนียวมะม่วง,) adalah hidangan penutup Thailand yang terbuat dari beras ketan, mangga, dan santan. Makanan ini dapat dimakan dengan garpu, sendok, atau langsung dengan tangan.Meskipun berasal dari Thailand, makanan ini dikonsumsi di wilayah geografis Indochina di Asia Tenggara, seperti Laos, Kamboja, dan Vietnam, Ketan mangga lazim menjadi sajian dalam puncak musim mangga pada musim panas bulan April dan Mei di Thailand.


5.      Thai Beef Salad
Adalah salad atau appetizer asal thailand yang terdiri dari daging sapi yang di grill lalu di iris tipis kemudian di campurkan dengan lime juice, Red cabbage dan birds eye chili kemudian di toss dan di sajikan dengan kondisi dingin.


6.      Konro Bakar
Sup Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar.Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi.akan tetapi kini terdapat variasi kering yang disebut "Konro bakar" yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro.


7.      Tom Yam
Tom yam (bahasa Thai: ต้มยำ, juga kadang-kadang disebut tom yam atau dom yam) adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal. Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.


8.      Beef Rice Bowl
Gyūdon (sapi, mangkuk) atau beef bowl adalah makanan asia asal jepang yang berjenis Donburi berupa semangkuk nasi putih yang di atasnya diletakkan irisan daging sapi bagian perut dan bawang bombay yang sudah dimasak dengan kecap asin dan gula. Sebagai penyedap, di atasnya sering ditambahkan asinan jahe (benishōga), campuran rempah dan cabai yang disebut shichimi, atau telur ayam mentah sesuai selera.
Gyūdon berasal dari makanan yang disebut Sukiyakidon (sukiyaki donburi), sehingga sering dijumpai gyudon yang memakai shirataki seperti halnya sukiyaki.


9.      Pallu Butung
Pallu Butung adalah makanan khas Sulawesi Selatan, makanan ini sering dijadikan hidangan untuk berbuka puasa di saat bulan Ramadan. Pallu Butung ini hampir mirip dengan Pisang Ijo. Pallu Butung terbuat dari campuran tepung, beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanily dan garam yang kemudian sampai matang dan kental. lalu dimasukkan potongan-potongan pisang raja yang juga sudah masak lalu diaduk. Pallu Butung dapat dihidangkan hangat-hangat, juga bisa dihidangkan dingin dengan menambah parutan es di atasnya. Pallu Butung juga bisa ditambahkan sedikit sirup untuk menambah warna dan rasa manis.


10.  Pisang Epe’
Pisang Epe merupakan makanan berbahan dasar pisang raja yang belum terlalu matang dan lembek, lalu dibakar. Kata “epe” sendiri berasal dari Bahasa Makassar yang artinya “jepit”, jadi maksud dari nama Pisang Epe adalah pisang bakar yang dijepit dan menjadi gepeng. Sesuai dengan namanya, Pisang Epe dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api setelah sebelumnya dipress hingga menjadi gepeng. Pisang Epe yang telah melalui proses pembakaran biasanya disiram dengan saus yang berbahan dasar gula merah yang telah dicairkan sebagai topping. Namun saat ini, jenis saus Pisang Epe telah menyesuaikan zaman dengan ditambahkannya berbagai variasi saus seperti coklat durian, keju, dan sebagainya.
Berdasarkan cerita tempo dulu Tinutuan tercipta karena keadaan ekonomi masyarakat di manado sangat buruk, dan akhirnya menjadikan sayuran – sayuran di sekitar rumah makanan yang dicampurkan dengan sedikit beras, dan terciptalah bubur Manado. Dari benar dan tidaknya penciptaan bubur manado 1 hal yang sangat berarti adalah betapa mudahnya kita membuat makanan yang sederhana tetapi sehat dan bergizi.



No comments:

Post a Comment