Wednesday, April 18, 2018

Daily Report : Serving Menu Rotasi II.1 (Indonesia Ver.)


18 April 2018
Seperti biasa kami mulai jam 08.00 kami oneline di cold kitchen. Sambil menunggu dosen, pengawas mereview kami satu persatu hingga jam 10.00. Kemudian Chef Dino datang dan kemudian dia bertanya kepada kami tentang prepare kemarin untuk menu rotasi II.1 (Cina). Karena kita tidak marinate daging untuk beef rice bowl, Chef Dino menunjukkan kepada kita bagaimana marinate daging terutama untuk Makanan Asia. 


Selanjutnya, Chef Dino memberi tahu kami resep saus, saus lada hitam. Setelah itu, kami mulai doing.
Sejak kemarin tim saya menangani beef rice bowl, jadi kami mulai membuat saus, nasi, dan sayuran. Temanku menangani nasi dan sayuran, dan saya membuat saus yang dibantu oleh salah satu temanku dari tim lain. Bahan untuk saus lada hitam adalah saus tomat, saus sambal, saus tiram, chicken powder, msg, lada hitam, kecap hitam premium, air, dan tepung sebagai bahan pengental. 

Ingredients for Blackpepper Sauce
Blackpepper Sauce

Selesai dengan saus, teman saya juga selesai dengan nasi dan sayuran dan kami menunggu sampai jam 13.00.
13.00 kami mulai menggoreng daging yang sudah dimarinate. Setelah itu, sisihkan daging yang sudah digoreng dan saute bawang putih dan bawang bombay, kemudian masukkan sayuran dan tuangkan saus lada hitam, dan terakhir masukkan ke dalam daging yang sudah digoreng tadi, daging untuk beef rice bowl sudah siap. 


Kemudian kembali ke cold kitchen, tim saya mulai plating beef rice bowl sebanyak 40 pax. 

Beef Rice Bowl

14.00 resto dibuka, makanan disajikan satu per satu mulai dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup. Sekitar hampir jam 16.00 kami memulai general cleaning sampai jam 16.30. Kemudian kami beristirahat dan karena hujan turun jadi kami harus menunggu agak lama sampai jam 18.30 dan kita bisa pulang.

No comments:

Post a Comment