Thursday, April 19, 2018

Food Terminology


1.      Brownies
Brownies merupakan salah satu jenis roti namun memiliki bentuk yangbantet dan terbuat dari coklat sehingga dinamakan brownish (kecoklatan) atau biasa disebut brownies. Bahan-bahan pembuat brownies memang didominasi oleh bahan-bahan coklat, seperti coklat bubuk, kokoa, coklat cair, dark chocolate, coklat pasta, serta susu coklat. Cara memasak brownies ialah dengan dikukus di dalam oven pada suhu tertentu dan waktu yang telah ditentukan pula.
Paduan coklat yang pas menumbuhkan cita rasa yang lezat pada brownies, menjadikan kue yang satu ini berbeda dengan kue lainnya yang juga berbahan dasar coklat. Cita rasa coklat yang manis melekat dalam roti sehingga penikmat tak perlu repot menggigit coklat yang keras. Tekstur roti yang lembut membuat brownies ini dapat dimakan oleh semua orang, bahkan yang tidak mempunyai gigi sekalipun! Bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.


2.      Nastar
NASTAR berasal dari bahasa Belanda ananas dan taart. Ananas berarti nanas dan tart berarti kue tar; “nastaart” yg artinya (pineapple cake). Jika digabung akan menjadi ananastaart, tar nanas. Tetapi kue tar nanas ini lebih mirip kue pai. Nastar diadaptasi dengan buah-buahan lokal di sini karena di Belanda nanas tidak tumbuh. Mungkin saja para nyonya Belanda mengadaptasi dari pai apel atau cherry di sana. Nastar juga disebut orang sunda di Bandung “ganas jeung tarigu” (nanas dan tarigu).
Kue nastar, dalam bahasa Inggrisnya pineapple tarts, atau pineapple nastar roll, yang popular pada saat merayakan Natal atau Lebaran. Kue kering yang dibuat dengan isi nanas ini juga merupakan salah satu makanan khas Imlek, karena memberikan arti atau simbol kemakmuran.


3.      Bubur Manado
Tinutuan atau Bubur Manadomerupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah dari Manado, Sulawesi Utara. Namun ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Tinutuan adalah campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, sehingga makanan ini bisa menjadi makanan pergaulan antarkelompok masyarakat di Manado. Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya dan rasanya ini luar biasa menggugah selera.
Berdasarkan cerita tempo dulu Tinutuan tercipta karena keadaan ekonomi masyarakat di manado sangat buruk, dan akhirnya menjadikan sayuran – sayuran di sekitar rumah makanan yang dicampurkan dengan sedikit beras, dan terciptalah bubur Manado. Dari benar dan tidaknya penciptaan bubur manado 1 hal yang sangat berarti adalah betapa mudahnya kita membuat makanan yang sederhana tetapi sehat dan bergizi.


4.      Capcai
Capcai (pinyin: zasui) adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah “aneka ragam sayur”. Capcai adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa capcai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti “sepuluh sayur”. Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti sepuluh”.
Pengertian lainnya mengenai capcay adalah masakan sederhana yang terdiri dari aneka sayuran dipotong kecil-kecil dan kadangkala dimasak dengan baso ikan, baso sapi, udang, dan daging ayam. Di Amerika “cap-cay” cah disebut “chop-suey” dan konon diakui sebagai bagian ciptaan kuliner para imigran Cina di Amerika, dan merupakan salah satu ciptaan masakan Chinese-American. Anda, mungkin penasaran, bagaimana mungkin “cap-cay” cah berkelana begitu jauh dari Amerika hingga Indonesia.
Jangan bingung, sejarah “cap-cay” cah memang rancu. Versi terpopuler adalah ketika duta besar Cina Li Hung, mengunjungi kota New York pada tanggal 29 Agustus 1896, tukang masaknya berusaha menciptakan masakan yang bisa diterima oleh diplomat Cina dan Amerika. Dan menurut catatan sejarah, “cap-cay” goreng memang terhidang sebagai salah satu menu. Versi lain yang lebih kuno, menyebutkan bahwa makanan ini berasal dari dinasti Qing. Dimana jerohan di masak bersama sayur-sayuran untuk membuatnya tampil lebih elok dan lebih sehat.
Ada satu versi yang menurut saya lebih masuk akal, adalah masakan ini diciptakan oleh kaum Imigran Cina yang berkelana kemana-mana. Yaitu masakan yang ditentukan oleh nasib. Apapun sayur yang didapat hari ini, dipotong semua dan dimasak jadi satu. Kalau cuma ada 2 sayur, maka cap-cay-nya cuma terdiri 2 sayur itu. Tapi kalau nasib baik hari ini dan punya sayur lebih, maka cap-cay cah lebih mewah. Sederhana dan praktis. Masalahnya kapan masakan cap-cay cah ini ditemukan ? Karena di Cina sendiri, masakan ini tidak dikenal. Hanya di Taishan, Cina yang majoritas penduduknya berkelana dan menjadi kaum imigran, masakan cap-cay cah dikenal.


5.      Pisang Peppe
Pisang peppe sebagai salah satu makanan khas Sulawesi Selatan, terbuat dari bahan pisang yang belum matang. Cara penyajiannya pun butuh proses dalam beberapa tahap.
Pisang yang telah dikupas dari kulitnya terlebih dahulu di goreng hingga berwarna kemerah-merahan, setelah itu masuklah pada proses penumbukan pisang/ digeprek.
Inilah yang dimaksud dengan kata “peppe” pada pisang. Nama lain dari pisang peppe adalah Sanggara Peppe.
Pisang yang telah ditumbuk digoreng kembali hingga berasa keras dan kriuk. Pisang peppe ini disajikan dengan sambal tumis yang sangat nikmat dengan campuran tomat, terasi, cabai kecil, serta garam.
Rasa pisang peppe tidak manis makanya makanan ini dimakan bersama sambal. Sama seperti bakara (sukun) atau ubi (singkong) goreng. Pisang peppe akan terasa nikmat sekali ketika kita dinikmati beramai-ramai bersama kerabat, apalagi kalau musim hujan dan disajikan dengan teh hangat.


6.       Pisto
Ini menyerupai ratatouille sampai batas tertentu dan biasanya disajikan hangat sebagai starter, atau untuk menemani hidangan lain. Seringkali disajikan dengan roti, telur goreng di atas atau dengan potongan ham yang di awetkan. Pisto ( juga dikenal sebagai Pisto manchego) adalah hidangan Spanyol yang berasal dari Region of Murcia dan Castilla La Mancha. Ini terbuat dari tomat, bawang, terong, atau zuccini, cabai hijau dan merah dan minyak zaitun. 


7.      Wiener Schnitzel
Ini adalah potongan anak lembu yang sangat tipis yang di kepang dan digoreng. Biasanya disajikan dengan lemon dan parsley. Tak lupa dengan tambahan kentang atau nasi.


8.      Poutine
Aslinya berasal dari Quebec. Poutine adalah festival bagi kalori yang akan memuaskan perutmu. Isinya terdiri dari kentang goreng dengan saus cokelat di atasnya dan dadih keju.


9.      Xioalongbao
Xiaolongbao (sup pangsit) adalah salah satu makanan di negara Cina. Berasal dari Shanghai, pangsit ini biasanya diisi daging dan kuah kaldu dan dikukus di dalam sebuah keranjang bambu.


10.  Gazpachuelo
Gazpachuelo adalah sup yang berasal dari Malaga, Spanyol dan merupakan hidangan khas nelayan, yang teridir dari stok ikan, sejenis mayones, bawang putih, kuning telur, dan minyak zaitun. Putih telur di tambahkan untuk mengentalkan campuran bersama dengan kentang potong dadu.


No comments:

Post a Comment