Sunday, August 4, 2019

Recipe III


1.Bubur Sumsum :
a. Ingredients :
-          Rice flour             100gr
-          Coconut milk      65gr
-          Water                   735gr
-          Salt                         ½
-          Pandan leaf       
b. Steps :
-          Heat the coconut milk, water, and salt
-          After that, add in the rice flour
-          Then, add in pandan leaf for fragrant
-          Stir until thicken
Texture : soft
Taste : plain
History :
Bubur sumsum merupakan makanan tradisional yang memiliki banyak pengemar baik di dalam masyarakat Indonesia hingga ke negara tetangga. Untuk di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, bahkan Hongkong dan Taiwan, bubur sumsum biasanya diperkenalkan kepada masyarakat di negara tetangga tersebut oleh para Tenaga Kerja Wanita Indonesia yang bekerja di negara-negara tetangga tersebut.
Bubur sumsum ini berasal dari kebiasaan adat istiadat masyarakat yang ada di Pulau Jawa Indonesia. Pada perkembangannya, makanan tradisional bubur sumsum ini menjadi bagian dari kehidupan, adat istiadat dan budaya di sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak hanya penduduk yang berada di Pulau Jawa saja yang terbiasa menyajikan dan mengkonsumsi bubur sumsum ini, namun penduduk di daerah lain yang sudah pernah merasakan nikmatnya bubur sumsum juga ikut menjadikan bubur sumsum ini sebagai makanan favorit mereka.
Nama bubur sumsum ini sebenarnya diambil dari penampilannya yang seperti sumsum tulang yang putih bersih. Karena rasanya yang manis dan lembut, bubur sumsum ini dipercayai mampu mengembalikan stamina dan energi yang hilang akibat berbagai aktivitas. Bahkan, ada beberapa orang yang menyukai menu bubur sumsum ini sebagai hidangan di waktu sarapan.
Bubur sumsum sering disajikan pada perayaan selamatan rumah atau perayaan selamatan lainnya. Selain itu, bubur sumsum juga biasanya dihidangkan sebagai penutupan setelah ada hajat besar seperti setelah ada upacara dan perayaan pernikahan, kelahiran atau upacara-upacara besar lainnya. Bahkan karena rasanya yang manis itu pula, banyak orang yang menyajikan bubur sumsum ini sebagai menu berbuka puasa.



2. Pancake :
a. Ingredients :
-          Soft flour
-          Baking powder
-          Baking soda
-          Fresh milk
-          Eggs
-          Sugar
-          Butter (melted)
-          Vanilla essence
b. Steps :
-          Mix the eggs and sugar with mixer until swell
-          Mix the dry ingredients, and put it into the mixer
-          Pour in the milk slowly
-          Pour the melted butter
-          Add a little vanilla essence
Texture :  soft
Taste : sweet
History :
Pancake merupakan resep makanan yang sudah ada sejak lama, asal mula pancake bahkan dimulai pada saat kehidupan masyarakat Romawi Kuno. Kue dengan bentuk gepeng ini pada awalnya dikenal dengan nama Alita Dolcia (makanan manis) kombinasi dari susu, tepung, dan bumbu. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang dengan wajan ceper, lalu ditambahkan dengan sirup buah dan madu.
Nama pancake semakin populer di kancah Eropa sejak tahun 1430-an. Pancake menjadi makanan khas warga Timur Eropa. Di sana, pancake kerap kali dijadikan menu khas yang dikenal dengan sebutan Pancake Tuesday yang disajikan sehari sebelum hari Paskah.
Seiring dengan perkembangan jaman, pancake diadopsi di berbagai Negara. Di Perancis, pancake-nya ada yang berbentuk tipis dan crispy yang disebut crepes dan galettes yang lebih tebal dan mengembang seperti bentuk roti. Sementara itu, di Jerman pancake memiliki bentuk yang lebih padat dan terbuat dari bahan dasar kentang (pfannkuchen).
Di Irlandia, pancake memiliki tekstur padat dan terbuat dari kentang yang dikenal dengan sebutan boxtry. Skotlandia juga tidak ketinggalan dengan pancake drop scones-nya. Di Amerika, pancakenya dikenal dengan nama nokehick yang terbuat dari adonan lembut yang dibuat dengan tangan berbahan dasar jagung.
Kue dadar ini memang disajikan dengan berbagai penyajian dan rasa. Meskipun penyajiannya berbeda di setiap Negara, tetapi pancake tetap memiliki penggemar tersendiri dan perkembangan resepnya selalu meningkat setiap masa.



3. Eclair :
a. Ingredients :
-          Butter   400gr
-          Water   500ml
-          Milk       500ml
-          Flour      600gr
-          Sugar     16gr
-          Salt         10gr
-          Egg         16pcs
b. Steps :
-          Heat butter, water, milk
-          After that, add the flour, sugar, and salt
-          Stir until thicken
-          After that, move to mixer and pour in the eggs
-          Put into piping bag and mould
-          Rest 30 minutes
-          Bake
Texture : crunchy
Taste : taste like egg
History :
Menurut ensiklopedia sejarah kuliner Larousse Gastronomique, eclair merupakan salah satu produk evolusi makanan. Menurut catatan pastry chef ternama Antonin Careme (1784-1833) sudah membuat eclair. Nama 'eclair' dalam bahasa Prancis berarti cahaya. Ada yang bilang karena kue ini selalu dimakan sekejap karena rasanya enak. Namun, bisa jadi karena lapisan permukaan eclair mengilat karena icing atau cokelat yang dioleskan.
Adonan dasar pastry ini adalah choux paste atau pâte à choux. Terbuat dari mentega dan air yang dimasak hingga mentega leleh. Kemudian ditambahkan tepung terigu dan diaduk hingga matang. Kemudian ditambahkan telur dan diaduk hingga licin. Selanjutnya adonan disemprotkan di atas loyang dengan panjang sekitar 10 cm dan dipanggang hingga menggembang.
Panas yang tinggi membuat terbentuk rongga di bagian tengah kue. Bagian tengah inilah yang kemudian diisi dengan crème pâtissière atau pastry cream atau custard. Adonan ini terbuat dari susu, gula, telur, vanila dan tepung maizena. Sebagai sentuhan akhir bagian atasnya dicelupkan ke dalam cokelat leleh atau fondant icing.
Seiring dengan perkembangan bahan-bahan untuk pastry, maka eclair bukan hanya sebagai pastry Prancis klasik semata. Selain rasa klasik vanila, strawberry dan cokelat, ada beragam varian lain. Untuk isiannya pastry cream ditambah dengan kacang-kacangan, buah segar cincang atau buah kering. Selain pastry cream juga dipakai whipped cream.



No comments:

Post a Comment